• UA Prima
  • Judul atasss
  • Majlis Guru SDIT UA

Selamat Datang di Website SD ISLAM TERPADU ULIL ALBAB BATAM. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


SDS ULIL ALBAB

NPSN : 11001727

Jl.Tiban Utara No.1 Kel.Patam Lestari Kec. Sekupang Kota Batam Kep.Riau 29427


info@sditulilalbabbatam.sch.id

TLP : 0778 3553594


          

Prestasi Siswa

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Agenda

19 September 2021
M
S
S
R
K
J
S
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9

Statistik


Total Hits : 23894
Pengunjung : 11477
Hari ini : 53
Hits hari ini : 109
Member Online : 0
IP : 3.236.16.13
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

SEKOLAH BERPUSAT PADA GURU




SEKOLAH BERPUSAT PADA GURU

 

Sekolah memiliki banyak elemen yang berperan. Ada penyelenggara, guru, siswa, dan karyawan. Dalam lembaga pendidikan karena fungsi utamanya mendidik siswa maka yang memiliki peran besar adalah guru.  Baik buruknya sekolah sangat tergantung dari guru di sekolah itu. 

Guru seperti jembatan antara dua jalan besar.  tanpa adanya jembatan, sebanyak apapun orang yang melintas di jalan itu tetap tidak akan bisa terhubung. Dua jalan itu adalah siswa dan penyelenggara pendidikan di sekolah. Guru  merupakan operator dari mekanisme yang telah digariskan dan ditetapkan oleh penyelenggara.  guru harus menjadi elemen yang paling fasih dalam menerjemahkannya.   

 langkah pertama dari keberhasilan lembaga pendidikan sangat ditentukan Bagaimana guru di dalamnya. Penyeleksian guru menjadi faktor mendasar, menjadi  kunci langkah-langkah  selanjutnya.  memasukkan guru dengan kualitas biasa sama artinya menjadikan lembaga pendidikan menjadi tampungan siswa-siswa  Yang terlempar dari sekolah lain.   guru demikian bukan pengubah,  tapi hanya menyampai  pesan dari buku kepada  siswa. 

Paling tidak setiap guru harus memiliki tiga syarat utama.  pertama,  kecerdasan.   faktor  ini menjadi  Mutlak bagi setiap guru.  guru yang cerdas akan mampu mencerdaskan dirinya, dan  Mencerdaskan siswanya.  guru cerdas berarti mengetahui cara terbaik untuk mendekati setiap siswa dengan karakter berbeda.  guru  cerdas juga berarti membuat pelajaran   yang susah menjadi mudah.  Guru cerdas juga mampu dicintai siswanya. 

Perlu diingat,  Kecerdasan adalah anugerah yang  berbeda bagi setiap manusia.  sehingga Memilih guru yang cerdas wajib hukumnya.  jika anda memiliki anak kemudian diberikan kepada guru yang tidak cerdas,  Bagaimana perasaan Anda ?  Anda pasti khawatir  anak anda tidak menjadi cerdas  justru sebaliknya.  rata-rata harapan semua orang tua  anaknya bisa dididik  oleh guru yang cerdas. 

 Cerdas juga berarti  upgradable. upgradable Dalam arti memiliki kemampuan untuk bisa ditingkatkan ke jenjang yang lebih tinggi. Ilustrasinya seperti gelas besar berisi sedikit air,  namun kemudian mampu terus diisi air.  Sebaliknya,  bila tidak upgradable berarti gelasnya kecil.  Kemampuannya hanya seukuran gelas ditambah air bakal tumpah. 

Syarat kedua adalah amanah. Amanah berarti mampu menerima dan melaksanakan tugas sebagai guru dengan tanggung jawab mendidik murid murid di kelasnya. Guru memahami bahwa ia dititipi siswa oleh orang tua. Amanah juga terkait dengan stabilitas rohani dan tidak berkeluh kesah ketika mendapatkan siswa yang tidak sesuai dengan harapannya. 

Nabi SAW bersabda “Serahkan amanah kepada orang yang telah mengamanahkan kamu dan jangan kamu menghianati orang yang menghianati kamu ( hadis riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi)

Guru seperti ini perlu dimiliki setiap lembaga pendidikan perubahan kurikulum, perubahan bahan materi ajar,  hingga perkembangan media,  membuat guru harus mudah beradaptasi dengan perubahan zaman,  jangan sampai guru tertinggal perubahan zaman dan kalah dengan kecepatan siswa dalam menyesuaikan perubahan.  Zaman sekarang sangat memungkinkan Siswa lebih berpengetahuan dari gurunya karena Tersedianya media internet.

Tiga syarat ini mutlak dimiliki oleh guru-guru di semua lembaga Pendidikan,  meskipun ada kepala sekolah,  hingga semua bagian yang melengkapi,  semua itu berasal dari guru.  Menjadi kepala sekolah yang  bukan dari guru, maka pemahaman akan kegiatan belajar mengajar sampai detail pschoology siswa dalam belajar tidak mudah dirasakan.  Guru diperlukan di semua elemen sekolah karena meskipun menjadi sekretaris Tapi semua berfungsi sebagai pendidik

 

Dikutip dari buku " Kaderisasi Sejak Dini “ Ir, Abdulkadir Baraja

 




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




    Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

    Nama :

    E-mail :

    Komentar :

              

    Kode :


     

    Komentar :


       Kembali ke Atas